Jumat, 21 Oktober 2016

Pertumbuhan dan Perkembangan Kebudayaan di Indonesia

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Indonesia adalah Negara yg banyak memiliki kebudayaan. Kita patut sebagai bangsa Indonesia yg memiliki banyak kebudayaan.
Tetapi pada zaman sekarang kebudayaan di Indonesia mulai menurun. Kini mulai banyak yang melupakan apa itu budaya Indonesia karena banyak budaya baru yg mempengaruhi kebudayaan asli Indonesia. Makin majunya arus globalisasi rasa cinta terhadap budaya semakin berkurang. Banyak kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia, misalnya kebudayaan dalam hal berikut:

Fashion yang kekinian

  • Penampilan
Banyak remaja pada zaman sekarang yg berpakaian bertolak belakang dengan norma yg berlaku misalnya perempuan yang memakai pakaian ketat.

Orang yang lebih suka bahasa asing.

  • Bahasa
Banyak juga orang zaman sekarang yang memilih atau menyukai bahasa asing ketimbang bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

Event yang identik dengan kebudayaan Asing

  • acara yg identik dengan orang asing
banyak acara atau event sekarang yg diselenggarakan di Indonesia identik atau melambangkan kebudayaan asing seperti event kebudayaan Korea, Comic CON, dll.
 


Berikut dampak positif dan dampak negatif kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia.
Dampak POSITIF

-          Peningkatan dalam bidang sistem teknologi, Ilmu Pengetahuan, dan ekonomi.

-          Moderisasi yang berdampak pada kemajuan pembangunan.

-          Perubahan dan peningkatan pada perekonomian bangsa.
Dampak NEGATIF

-          Berubahnya arah ideologi pancasila ke ideologi libralisme.

-          Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri yang membanjiri di Indonesia.

-          Anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sbagai bangsa indonesia, karena gaya hidup cenderung meniru budaya barat.

 
Harusnya masyarakat Indonesia bisa menyaring mana yg positif dan mana yg negatif, Hal ini sangat riskan sekali dengan perkembangan budaya Indonesia.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Copyright © Pulokat! | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑