Kamis, 29 September 2016

Perkembangan Komputer

 

 

Sebelum membahas tentang perkembangan Komputer, Alangkah baiknya kita bahas dulu aja, apasih pengertian Komputer itu? Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Komputer pertama kali diciptakan untuk membantu perhitungan atau diciptakan sebagai alat menghitung, untuk mengetahui sejarah komputer kita tidak bisa lepas dari sejarah alat hitung menghitung elektronik. Karena komputer itu sendiri adalah alat elektronik yang didesain untuk memproses hitungan aritmatika.
 

Sejarah Komputer
 
Charles Babbage tercatat sebagai penemu komputer, dia adalah seorang ahli matematika yang menciptakan sebuah alat hitung yang dinamai Analytical Engine tepatnya pada tahun 1882.
 
Lalu pada tahun 1937 dari tangan seorang John V. Atanasoff lahir Atanasoff-Berry Computer disingkat ABC yang kemudian dinyatakan secara resmi bahwa mesin itulah yang menjadi komputer elektronik pertama. Perkembangan komputer berlanjut hingga muncul ENIAC selang beberapa tahun setelahnya. ENIAC singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer berhasil dibuat oleh John Mauchly bersama J. Presper Eckert dengan dukungan pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. 
Komputer dari masa ke masa terus mengalami perkembangan, selalu ada hal-hal baru yang ditemukan sehingga menjadikan komputer semakin beragam dan canggih. Menurut sejarah komputer yang tercatat, maka Komputer bisa dibagi kedalam 4 generasi komputer. Keempat generasi komputer tersebut adalah:
 
Komputer dari Generasi Ke Generasi

 
  • Komputer Generasi Pertama
 
Masing-masing generasi komputer memiliki ciri khas. Pada Komputer generasi pertama ciri khasnya adalah tabung hampa udara yang berfungsi sebagai penguat sinyal. Tabung hampa udara atau vacum-tube dibuat dari kaca sehingga mudah pecah dan mudah panas. Ciri khas kedua dari komputer generasi pertama adalah silinder magnetik yang berfungsi sebagai penyimpanan data. Kedua komponen inilah yang membuat komputer generasi pertama berukuran sangat besar.
Beberapa contoh komputer yang lahir sebagai komputer generasi pertama adalah:
Z3

Z3 – dibuat oleh Konrad Zuse dari Jerman pada tahun 1941. Digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali pada perang dunia kedua.
 

Colossus


 
Colossus – Dibuat oleh Inggris pada tahun 1943, digunakan untuk memecahkan kode rahasia buatan Jerman.

 
Mark I
 
The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator – Dibuat oleh Amerika dari tangan insinyur Harvard, Howard H. Aiken. Ukurannya panjangnya setengah lapang sepakbola, rentang kabel hingga 500 mil. Dikenal juga dengan nama Mark I.






ENIAC



ENIAC – ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) dibuat Amerika Serikat bekerjasama dengan University of Pennsylvania dirancang oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly. ENIAC adalah komputer serbaguna yang dapat bekerja seribu kali lebih cepat dari Mark I. Terdiri dari 70.000 resistor, 18.000 vacum-tube, 5 juta titik solder.
 
 
  • Komputer Generasi Kedua
 


IBM 1401
Komputer generasi kedua telah mengalami perubahan drastis daripada generasi pertama. Kunci utamanya adalah setelah ditemukannya transistor, sehingga ukuran komputer menjadi jauh lebih kecil. Transistor itu sendiri mulai digunakan pada tahun 1956. Penemuan baru lainnya adalah memori inti magnetik yang bekerja lebih cepat, lebih kecil dan hemat energi. Komputer generasi kedua juga sudah menggunakan bahasa assembly pengganti kode biner pada generasi pertama. Salah satu contoh komputer generasi kedua adalah IBM 1401. Pada saat itu komputer telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk pengolahan data keuangan.
 

  • Komputer Generasi Ketiga  

IBM 360
Pada tahun 1958 Jack Kilby dari Texas Instrument berhasil mengembangkan IC (Integrated Circuit). Kemudian para ilmuan lainnya berhasil membuat komputer semakin kecil berkat ditemukannya semikonduktor yang merupakan sebuah chip tunggal yang di dalamnya terdapat banyak komponen-komponen. Ciri khas lainnya pada komputer generasi ketiga adalah adanya Sistem Operasi (Operating System) sehingga mesin atau komputer bisa menjalankan banyak program secara bersamaan dalam sebuah program utama yang mengatur dan memonitor memori. Contoh komputer generasi ketiga adalah IBM System/360 dan DEC PDP -8.
 
  • Komputer Generasi Keempat

Para ilmuan terus fokus pada mengembangkan komputer sehingga menjadi lebih simple dan cepat. Pada komputer generasi keempat ini ditandai dengan ditemukannya Large Scale Integration (LSI) yang berfungsi memuat ratusan komponen kedalam sebuah chip. Kemudian LSI berkembang menjadi VLSI atau Very Large Scale Integration yang dapat memuat ribuah komponen dalam satu chip tunggal. Hingga kemudian diganti dengan ULSI atau Ultra Large Scale Integration sehingga komponen yang terdapat chip berjumlah jutaan. Perkembangan tersebut membuat komputer pada saat itu mengalami penurunan pada ukuran dan harga serta mengalami peningkatan pada kinerja dan kehandalan komputer.
 
Pada tahun 1971 lahir Chip berukuran sangat kecil yaitu Chip Intel 4004. Chip ini kemudian digantikan dengan mikroprosessor yang dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Tahun 1981 lahir Personal Computer (PC) dari IBM, merupakan komputer pertama untuk penggunaan kelas perorangan di rumah, sekolah juga kantor. Pada saat itu IBM bersaing dengan Apple Macintosh.
 
Sejak itulah kemudian komputer terus mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga bermunculanlah beberapa jenis komputer seperti desktop computer, notebook atau laptop, palmtop, hingga sekarang computer tablet.
 
 
 


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Copyright © Pulokat! | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑